Keefektifan cara belajar bahasa Indonesia bagi pelajar asing akan terjadi jika pelajar asing benar-benar ingin mempelajari bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh. Mereka harus bisa mempelajari semua tentang bahasa Indonesia, mulai dari bahasa, kosakata, budaya, keterampilan berbahasa, dan masih banyak lagi.
Keefektifan belajar bahasa Indonesia bisa dikatakan berhasil jika pelajar asing tersebut sudah bisa dan lancar dalam hal menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan tata bahasa dalam bahasa Indonesia yang mereka pakai sudah bisa dimengerti oleh orang lain terutama oleh orang Indonesia. Keberhasilan pelajar asing juga bisa dilihat saat mereka melakukan interaksi dengan seseorang. Ketika pelajar asing sudah bisa menguasai semua kemampuan tersebut, mereka akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang sekitar, mereka juga akan lebih mengerti bagaimana cara orang Indonesia memulai percakapan dan mengakhiri percakapan dalam sehari-hari, dan mereka juga akan bisa lebih cepat memahami serba-serbi Indonesia (kuliner, sastra, budaya, dan banyak lagi).
Belajar bahasa Indonesia yang dilakukan oleh pelajar asing tidak langsung dilakukan dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pelajar asing untuk bisa mencapai keberhasilan mereka dalam proses belajar:
- Waktu yang Digunakan
Pelajar asing perlu mengatur waktu saat mereka belajar bahasa Indonesia, dan mereka juga harus bisa konsisten terhadap waktu yang sudah ditentukan dari awal. - Lingkungan Belajar
Pelajar asing bisa mencari lingkungan belajar yang bisa mendukung mereka dalam belajar bahasa Indonesia. - Belajar Kosakata Baru Setiap Hari
Pelajar asing setidaknya mempelajari kosakata baru setiap hari, minimal satu atau dua kosakata baru agar ada tambahan pengetahuan terkait bahasa Indonesia. - Sumber Belajar
Pelajar asing bisa mencari sumber belajar bahasa Indonesia, seperti membeli kamus kosakata, membeli buku-buku teks bahasa Indonesia, dan mereka juga bisa mencari kelas tambahan seperti kelas online untuk belajar bahasa Indonesia.
Referensi:
Mahmud, Jaufillaili. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di KBRI Finlandia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6 (1). DOI: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2286
Utami, Anjas Rizky, Supriyanto, Siprianus Nahak. (2023). METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA ASING. Jurnal Digdaya: Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan. 2 (2). DOI: https://jurnaldigdaya.com/jd/article/view/18