LP3M berkolaborasi dengan UPT Bahasa menggelar kegiatan pelatihan bahasa Inggris bagi tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan UNJ pada 15-16 Maret 2023 dengan tajuk “Presenting Office Activities”. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program kerja tahunan LP3M dan UPT Bahasa yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan tendik di bidang penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Hal ini selaras dengan visi UNJ yaitu menjadi universitas bereputasi di Kawasan Asia dimana salah satu sistem pendukungnya adalah keandalan tendik dalam memberikan layanan prima bagi para pemangku kepentingan khususnya yang berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, kecakapan tendik berkomunikasi dengan bahasa Inggris mutlak dibutuhkan dan tentunya kelak akan menjadi nilai tambah tidak hanya bagi universitas namun juga bagi pengembangan professional dan pengembangan pribadi bagi tendik.

Pelatihan bahasa Inggris diikuti oleh 29 peserta dari berbagai unit kerja yaitu fakultas, pascasarjana, biro, UPT, Lembaga, dan sekolah Labschool. Kegiatan dibuka oleh Kepala LP3M UNJ, Prof. Dr. Dr. Muhamad Zid, M.Si. dan dihadiri oleh Kepala UPT Bahasa, Dr. Widya Parimita, MPA dan Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M, Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd. Muhamad Zid mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini seyogyanya dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga program menghasilkan luaran dengan level yang berjenjang. “Sebaiknya diadakan English Day, ada 1 hari dimana seluruh staf wajib berkomunikasi dengan bahasa Inggris meskipun hanya sekadar memberikan sapaan,” Widya Parimita menambahkan.

Fasilitator kegiatan adalah Rita Hayati, M.Pd., seorang praktisi berpengalaman khususnya dalam memfasilitasi pelatihan bagi karyawan. Selama pelaksanaan program, peserta sangat antusias dan aktif mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran yang dikemas dengan atmosfer joyful learning. Metode pembelajaran melibatkan penugasan individu, penugasan kelompok, dan interaksi seluruh peserta dalam kelas. Pendekatan berbasis permainan juga diterapkan agar peserta merasa nyaman dalam menerima dan memahami materi yang mengeksplorasi 4 bidang keterampilan bahasa (menyimak, membaca, menulis, berbicara). Pada akhir pelatihan, peserta mampu menghasilkan luaran berupa presentasi tentang aktifitas unit kerja masing-masing secara tertulis dan lisan.

Presenting Office Activities