Pelatihan Test of English Proficiency (TOEP) bagi Mahasiswa UNJ

Dalam rangka meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia, khususnya peningkatan kemampuan berbahasa asing mahasiswa UNJ, UPT Pelayanan Bahasa UNJ kembali melaksanakan program tahunan “Pelatihan TOEP UNJ bagi Mahasiswa”. Kegiatan ini merupakan salah satu kegitan yang diadakan UPT Pelayanan Bahasa UNJ untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa UNJ. Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis dan dihadiri oleh sebanyak 40 peserta yang berasal dari perwakilan Organisasi Pemerintahan Mahasiswa dan Organisasi Kemahasiswaan UNJ. Penyeleggaraan kegiatan ini secara daring melalui zoom meeting selama 2 hari, mulai tanggal 26-27 September 2020.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari kepala Divisi Program UPT Pelayanan Bahasa UNJ, Tia Ristiawati M,Pd. “Pelatihan ini merupakan program tahunan UPT Pelayanan Bahasa UNJ. Di masa pandemi covid-19 ini, kita tidak boleh menurunkan semangat belajar kita. Untuk itu, kami tetap melaksanakan kegiatan ini melalui daring. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris serta untuk mengedukasi mahasiswa UNJ terkait pentingnya melaksanakan tes kemampuan bahasa Inggris di tempat terpecaya”, Jelasnya.

Selanjutnya, kegiatan ini dipandu oleh moderator dan pemateri selamat 160 menit, mulai pukul 09.00 – 11.45 WIB. Selama kegiatan, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Kegiatan berlangsung interaktif antara pemateri dan peserta. Di akhir rangakaian kegiatan pelatihan ini, mahasiswa mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris yaitu Test of English Proficiency (TOEP) Computer Based Test UNJ, guna mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dan peningkatan kemampuan bahasa Inggris setelah mengikuti pelatihan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiwa dapat termotivasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya setelah memahami bahwa bahasa Inggris penting bagi masa depannya. Berdasarkan evaluasi selama kegiatan, mahasiswa yang mengikuti “Pelatihan TOEP bagi Mahasiswa” mengalami peningkatan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *