Motivasi Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing bertujuan untuk membekali pemelajar dengan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan berbahasa Indonesia agar mereka dapat memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan berbagai konteks. Ketika mereka belajar bahasa Indonesia, para penutur asing tentunya telah menetapkan tujuan mereka masing-masig misalnya, untuk keperluan bisnis, melanjutkan pendidikan, wisata, dan lain sebagainya.

Namun, terlepas dari apapun tujuan pembelajaran yang ingin mereka capai, penutur asing pasti memiliki motivasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa motivasi yang menjadi alasan utama belajar bahasa Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

Membangun Kolega Bisnis dan Pekerjaan

Sejumlah bisnis dan pekerjaan yang melibatkan tenaga kerja asing di Indonesia mendorong pemerintah untuk menerbitkan regulasi atau kebijakan yang mengarahkan para pelaku dunia kerja atau industri untuk mefasilitasi karyawan asing belajar bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan performa mereka dengan lebih memahami instruksi dan tugas yang diemban. Para penutur asing yang menjadi kolega bisnis dan menetap di Indonesia harus menguasai bahasa Indonesia dengan baik karena mereka sering bertemu dengan rekan-rekan bisnis orang Indonesia. Jika mereka mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik, hal ini dapat memudahkan pekerjaan mereka. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Indonesia menjadi salah satu motivasi bagi penutur asing, khususnya para pebisnis ataupun pekerja.

Menyalurkan Hobi Bernyanyi Lagu-Lagu Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa penutur asing menyukai lagu-lagu Indonesia sehingga mereka menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk belajar bahasa Indonesia. Dengan belajar bahasa Indonesia, mereka dapat memahami lirik lagu-lagu Indonesia yang mereka sukai selain agar dapat menyanyikan lagu-lagu tersebut dengan artikulasi yang baik. Belajar bahasa melalui lagu menjadi salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif bagi penutur asing. Di Indonesia, kita mendapati satu sekolah yang menerapkan metode ini yaitu Nirandonwitya School. Metode pembelajaran ini menyenangkan karena siswa dapat belajar dengan suasana santai sehingga materi bahasa yang disampaikan akan menjadi lebih mudah diingat. Hobi bernyanyi lagu-lagu Indonesia menjadi daya tarik tersendiri tumbuhnya motivasi belajar bahasa Indonesia bagi pentutur asing.

Apakah Kedua Hal di atas dapat memotivasi Pemelajar BIPA untuk Menguasai Bahasa Indonesia?

Benar. Kedua motivasi di atas memberikan dampak signifikan terhadap pemelajar BIPA. Motivasi membangun kolega bisnis menjadi faktor kuat yang menentukan keberhasilan penutur asing menguasai bahasa Indonesia. Selain itu, motivasi memahami lirik sebuah lagu Indonesia atau menyanyikannya juga bisa menjadi faktor keberhasilan pemelajar asing khususnya bagi mereka yang hobi bernyanyi lagu-lagu Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar bahasa Indonesia harus dilandasi dengan kebutuhan dan rasa senang agar dapat memberikan output yang maksimal. (ren)