English Program for Postgraduate Students

Pelatihan Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor T.A. 2023/2024 diselenggarakan pada 19-20 Mei 2023 di Gedung Bung Hatta. Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja Pascasarjana di bawah koordinasi Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Jakarta dengan menunjuk UPT Bahasa sebagai pelaksana program. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta khususnya 4 keterampilan dasar listening, reading, writing dan speaking yang berorientasi pada atmosfer akademik guna mendukung proses pembelajaran selama masa perkuliahan. Peserta pelatihan adalah mahasiswa baru Program Magister dan Doktor yang berasal dari Pascasarjana dan 8 fakultas di lingkungan UNJ.

Materi program pelatihan meliputi TOEFL Preparation, Academic Writing, Academic Reading, dan Academic Presentation. Program didesain dengan metode task-based dan learner-centered dimana peserta akan berpartisipasi aktif dalam diskusi, mengekspresikan ide, serta menyajikan materi, yang ditunjang pula dengan penguasaan pengetahuan sesuai ruang lingkup pembelajaran.

Pada program kali ini, UPT Bahasa menggandeng kolaborasi apik dengan British Council untuk menjadi fasilitator pada materi Academic Presentation, dimana peserta memperoleh banyak  pengetahuan dan masukan yang dapat membangun dan meningkatkan rasa percaya diri khususnya di bidang public speaking. Animo peserta sangat positif sehingga interaksi yang terbangun selama proses pembelajaran memberikan nuansa menyenangkan namun tetap konstruktif dan penuh motivasi, sebagaimana motto UPT Bahasa, Joyful Learning.