TES BAHASA INGGRIS ONLINE? BISA DI UNJ TOEP CBT Online dan TOEFL ITP Online

Dalam situasi pandemik Covid-19 sekaligus mendukung himbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, UPT Pelayanan Bahasa Universitas Negeri Jakarta memberikan kemudahan bagi civitas akademika UNJ maupun masyarakat umum untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, pekerjaan, dan kehidupan sosial lainnya.

Unit Pelayanan Bahasa mengembangkan program Test of English Proficiency UNJ (TOEP UNJ) dan Computer Based Test (CBT), Widya Parimita, Kepala UPT Pelayanan Bahasa Universitas Negeri Jakarta, mengungkapkan, “Dalam program tersebut peserta dapat melakukan tes TOEP secara online dengan mengunakan perangkat komputer ataupun laptop dari rumahnya”. Adapun format soal dalam tes TOEP secara keseluruhan serupa dengan tes yang dilakukan secara langsung di UPT Pelayanan Bahasa UNJ.

Para peserta juga dapat  mengetahui skor ujian melalui scoring report yang akan dikirimkan ke email masing-masing peserta. Peserta juga akan menerima sertifikat yang mana akan diterbitkan oleh UPT Pelayanan Bahasa UNJ setelah pandemik Covid-19 di Indonesia berakhir.

Civitas akademika Universitas Negeri Jakarta menyambut gembira dan bangga dengan adanya terobosan dari UPT Pelayanan Bahasa dalam program Test of English Proficiency UNJ (TOEP UNJ) dan Computer Based Test (CBT) yang diselenggarakan secara daring ini. Program ini perdana dilaksanakan pada 17 April 2020 lalu yang diikuti oleh peserta dari mahasiswa UNJ tingkat D3, S1, S2, bahkan masyarakat di luar Universitas Negeri Jakarta.

Kesuksesan UPT Pelayanan Bahasa UNJ dalam melaksanakan TOEP CBT Online ini menjadikan UPT Pelayanan Bahasa UNJ sebagai lembaga pertama di Indonesia yang dipercaya oleh IIEF (Indonesian International Educational Foundation) untuk melaksanakan TOEFL IPT Online yang mana IIEF merupakan perwakilan dari ETS dalam penyelenggaran TOEFL ITP di Indonesia.

Tes ini pertama kali akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Mei 2020. Hal ini membuat masyarakat pencari sertifikat TOEFL ITP berlomba-lomba mendaftar dalam program ini. Program ini tidak berbeda dengan Tes ITP sebelumnya atau TOEP yang terdiri atas Listening, Structure, dan Reading, dengan durasi waktu seperti dilakukan di ruang kelas. Di akhir ujian, peserta bisa melihat langsung dan mencetak score report hasil ujiannya

Peserta yang telah terdaftar dalam tes TOEFL ITP Online di UNJ sangat beragam asal daerah dan tingkatan pendidikannya, mulai dari SMA hingga Doktoral. Terkait hal ini, Widya Parimita mengatakan “sebagai lembaga pertama yang melaksanakan TOEFL ITP Online, kami mempersiapkan segalanya dengan sunguh-sungguh agar tes dapat berlajalan dengan lancar.”

2 thoughts on “TES BAHASA INGGRIS ONLINE? BISA DI UNJ TOEP CBT Online dan TOEFL ITP Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *